Sekilas Tentang Caleg, Apa itu Caleg?

source: mediaindonesia.com
Istilah ini sudah tidak asing lagi bagi kita, caleg biasanya ramai terdengar setiap 5 tahun sekali dan membuat jalanan mendadak menjadi galeri foto mereka.

Sebenarnya apa itu caleg?

Calon Legislator. Ya, caleg adalah mereka yang mencalonkan diri di pemilu legislatif, jika mereka terpilih mereka akan mengisi posisi legislatif di dalam pemerintahan negara kita. Mereka akan mewakili suara kalian, penduduk Indonesia.

Karena penduduk Indonesia sangat banyak tentu pemerintah tidak akan bisa menampung suara dari masing-masing orang oleh karena itu caleg ini dipilih untuk mewakili suara atau kebutuhan kita yang begitu banyaknya. Kebutuhan kita nantinya akan dijadikan Undang-Undang untuk membangun Infrastruktur seperti jalan, rumah sakit, sekolahan dan memastikan kita agar bisa hidup lebih aman dan nyaman.

Dan tugas kita adalah memilih caleg yang benar-benar amanah dan berkompeten di bidangnya. Kita lihat rekam jejak dan kemampuannya untuk dinilai apakah pantas menjadi wakil dari suara kita. Kita juga mesti menagih janji-janji manisnya selama kampanye jika terpilih nanti.

Kenapa banyak yang nyaleg?

Memang istilah caleg bukan hanya untuk para calon anggota DPR saja, namun di antara posisi yang lain, yang sering ramai dibicarakan adalah DPR. Apa enaknya jadi DPR? Jawabannya masih sama seperti dulu, kerja DPR sangat enak, hanya datang, duduk manis, main HP bahkan tidur sudah dapat gaji yang lumayan besar. Padahal katanya tugas mereka adalah membuat undang-undang tapi nyatanya sampai sekarang sangat sedikit produk yang mereka hasilkan.

DPR itu banyak mendapatkan amplop baik amplop yang resmi maupun amplop yang tidak resmi. Mendapatkan fasilitas yang mewah, kerjanya ringan dan dapat gaji yang besar, siapa yang tidak tergiur. Oleh karena itu jangan heran jika ada orang yang jadi OKB (Orang Kaya Baru) setelah terpilih menjadi anggota DPR.

Sejauh ini ada 3 jenis caleg:

Caleg Serius, ini biasanya merupakan petahana yang sudah merasakan menjadi legislator. Ia akan menggunakan segala cara termasuk segala fasilitas-fasilitas yang dimiliki.

Caleg-caleg-an, namanya juga caleg-caleg-an, mereka hanya ikut euforia saja, para pengembira yang ingin ikut tampil dan sekedar ingin disebut 'caleg'.

Caleg Ambisius, nah ini yang biasa kita temui di berita. Jenis caleg ini rela mengeluarkan uang yang banyak agar cita-citanya sebagai legislator tercapai. Namun kadang mereka juga tak tentu arah, tidak ada visi misi yang jelas, yang penting jadi caleg. Jika kalah? tentu mereka akan rugi besar sampai-sampai ada yang gila karena gak balik modal.

Ada beberapa motivasi yang mendorong mereka untuk menjadi caleg, diantaranya:

Ingin cepat kaya, ketika terpilih nanti mereka akan memperjuangkan nasib mereka sendiri agar menjadi OKB.

Untuk gagah-gagah-an, karena menjadi anggota dewan tentu akan menaikkan status sosial mereka.

Mencari proyek, hampir dari mereka semua suka mencari  atau bahkan meminta proyek dari pemerintah agar dapat uang. Bahkan terkadang antara besar proyek dan biaya yang diminta jumlahnya tidak masuk akal. Intinya sama lah dengan poin yang pertama, agar menjadi OKB.

Menjadi Dewan beneran. Ya, mereka yang benar-benar memperjuangkan aspirasi rakyat. Memang caleg jenis ini cukup langka di negara kita.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Sekilas Tentang Caleg, Apa itu Caleg?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel