Kenapa Harus Ada Debat Capres?

source:antaranews.com
Jangan bandingkan debat yang satu ini dengan debat orang di sekitar kita karena debat yang satu ini ada banyak penontonnya, ya debat calon presiden. Debat di mana pasangan calon presiden bisa saling tanya dan menyampaikan gagasannya pada publik.

Apakah debat akan mempengaruhi calon pemilih?

Para ahli politik masih meragukan jawabannya. Ada yang mengatakan para calon pemilih tidak akan terpengaruh karena masalah debat saja. Namun ada juga yang mengatakan akan sangat berpengaruh bagi para calon pemilih yang masih bingung dalam menentukan pilihannya.

Pentingkah ada debat capres?

Tentu saja, karena dengan adanya debat kita bisa lebih tahu seberapa jauh wawasan masing-masing calon agar bisa kita pilih untuk memimpin negara ke depannya. Sama seperti memilih pasangan, dalam memilih presiden kita harus mengenalnya terlebih dahulu, kita lihat visi misinya, rekam jejaknya, prestasinya, wawasannya hingga janji-janji manisnya.

Jika kita menemukan solusi yang keren dan yang penting masuk akal dalam debat tersebut tentu akan meningkatkan jumlah calon pemilih sehingga pesta demokrasi akan lebih ramai.

Jika kita melihat ke masa lalu lebih tepatnya pada tahun 1960, ketika dua calon presiden Amerika tampil di debat capres faktanya debat itu sangat berpengaruh. Saat itu calon presiden Richard Nixon kalah melawan John F. Kennedy, namun kekalahan tersebut bukan karena Nixon tidak mempunyai cukup gagasan melainkan karena Ia terlihat kelelahan sedangkan John F. Kennedy tampil dengan lebih prima dalam debat tersebut.

Artinya kita perlu memperhatikan apa yang disampaikan bukan karena siapa yang bicara. Jadi selagi isi perdebatan itu berbobot dan bukan sekedar omong kosong rasanya debat capres itu masih perlu dilakukan agar publik bisa menilai siapa yang lebih pantas memimpin bangsa ini.

Pemilu merupakan pesta demokrasi dan sepatutnya kita menyambutnya dengan antusias. Pesta demokrasi juga akan menentukan nasib kita dalam 5 tahun ke depan. Mengenali sosok para calon pemimpin dan bentuk programnya merupakan salah satu bentuk kesadaran demokrasi sebagai warga negara.
Selain di tangan Tuhan dan diri kita sendiri, nasib kita juga ada di tangan politisi.
jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Kenapa Harus Ada Debat Capres?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel