Jangan Ceritakan Rencana Dan Impianmu Pada Orang Lain

"Coba katakan apa impianmu", itulah omongan banyak orang kepada kita agar jika kita mempunyai  rencana, impian atau cita-cita katakan saja pada mereka.

Omongan seperti itu tak perlu kamu jawab dan harus kita hindari, kenapa? berikut alasannya.

Menerima Pujian

Menurut Peter Gallwitzer, "ketika seseorang mengatakan tentang rencana dan impian yang ingin mereka capai maka saat itu juga motivasi orang tersebut akan cenderung menurun". Ketika kamu mengatakan rencana dan impianmu lalu orang lain memujimu maka secara tidak sadar motivasimu malah menurun karena merasa sedikit puas dengan pujian yang didapat, sedikit kepuasan itulah yang membuat motivasimu menurun.

Komentar Negatif

Jika mentalmu kurang kuat, ketika kamu mendapatkan komentar negatif maka komentar tersebut akan membuat kamu down. Inilah alasan yang paling kuat kenapa kamu tidak perlu mengatakan rencana dan impianmu kepada orang lain.

Karena kadang-kadang kita berbicara dengan orang yang kurang tepat, kamu punya rencana dan impian yang besar, kamu katakan pada orang lain dan ternyata orang lain tersebut bukannya mensupport kamu tapi malah mengeluarkan perkataan yang membuat dirimu down. Misalnya "ah, sudahlah gak usah muluk-muluk, emang kamu siapa? gak mungkin itu tercapai" dan komentar lain semacamnya. Nah komentar seperti ini jika kamu tidak kuat justru akan membuat kamu frustasi dan hilang motivasi.

Mendengar Cerita Yang Tidak Memotivasi

Mendengar kompetisi yang ketat akan membuat semangatmu menurun, tapi bisa juga malah membuatmu tertantang sih.

Ketika kamu menceritakan rencana dan impianmu pada orang lain, mungkin orang lain tersebut juga mempunyai cerita yang masih menyangkut tentang cita-citamu.

Misalnya ketika kamu mengatakan ingin mendapatkan sertifikat internasional tertentu pada orang lain kemudian orang  tersebut malah bercerita balik dan mengatakan jika banyak orang yang gagal untuk mendapatkan sertifikat tersebut bahkan tak terkecuali orang-orang yang pintar sekalipun.

Cerita seperti ini sebenarnya tidak penting untuk didengarkan, ketika kamu butuh fokus pada satu titik, kamu malah memikirkan hal-hal negatif yang orang lain ceritakan.

Itulah kenapa jika kamu mempunyai rencana dan impian yang besar tak perlu kamu ceritakan pada orang lain. Disaat kamu sudah berhasil orang lain pasti tahu siapa kamu tanpa kamu ceritakan terlebih dahulu.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Jangan Ceritakan Rencana Dan Impianmu Pada Orang Lain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel