Ciri Atau Tanda Orang Yang Mempunyai EQ Tinggi

source: scienceabc.com
Manusia memiliki berbagai jenis kecerdasan antara lain IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient). Namun selama ini yang banyak kita temui adalah pembahasan tentang IQ seolah-olah jenis kecerdasan yang lainnya tidak begitu penting. Padahal di antara beberapa jenis kecerdasan di atas ternyata EQ juga penting bahkan ada yang mengatakan lebih penting dari IQ.

Berikut ciri-ciri EQ tinggi.

Mengenali Emosi Dirinya

Ketika sedang marah, sedih atau gelisah biasanya ketika ditanya jawaban orang yang mengalami hal tersebut malah berputar-putar dan tidak jelas jawabannya. Nah, orang yang ber EQ tinggi akan sangat mengenali emosi yang dirinya alami, kenapa emosi tersebut bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya selain itu mereka tidak menolak emosi negatif yang kadang datang padanya karena mereka menganggap bahwa itu adalah bagian dari kehidupan. Mereka juga mempunyai kosakata yang lebih luas dalam menggambarkan keadaan emosionalnya dalam tulisan.

Tidak Mudah Mengeluh

Mereka sadar bahwa pasti suatu saat nanti mereka akan mengalami hal buruk dalam kehidupannya. Tapi mereka tidak akan membiarkan dirinya jatuh begitu saja, masalah adalah hal yang wajar, yang perlu dipikirkan adalah mencari cara bagaimana agar bisa bertahan dalam keadaan seperti itu bahkan ketika berada di titik terendah dalam hidupnya tanpa merengek-rengek dan bertanya-tanya "kenapa ini bisa terjadi?".

Memiliki Keingintahuan Tentang Orang Lain

Selalu ingin tahu tentang orang lain, baik tentang kisah yang pernah dialami, bertanya tentang pengalaman-pengalaman dan berbagi wawasan dengan orang yang baru ditemui. Intinya ingin mengenal lebih dekat dengan orang yang baru dikenal, di tempat umum mereka memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain. Sebisa mungkin ia akan menjalin hubungan dengan baik dengan siapapun.

Pemimpin Yang Baik

Orang yang memiliki EQ yang tinggi tidak hanya sekedar memberi instruksi pada bawahannya tapi ia juga mengerti kondisi yang sedang bawahannya alami. Mereka akan mengarahkan bawahannya agar mampu kerja maksimal tanpa mengurangi rasa nyaman bawahannya terhadap dirinya. Ia tahu betul kelemahan dan kelebihan yang bawahannya miliki sehingga bisa menempatkan mereka di bagian yang tepat.

Mudah Beradaptasi Di Berbagai Lingkungan

Entah itu di lingkungan perkotaan atau pedesaan yang penuh dengan kesederhanaan maupun berkumpul dengan orang-orang yang hanya 'nyambung' ketika diajak bicara dengan topik tertentu saja, orang ber EQ tinggi akan dengan mudah menyesuaikan dirinya, mereka seperti cermin yang bisa menyesuaikan apa yang ada dihadapannya.

Bisa Membaca Raut Muka

Mereka bisa mengenali keadaan orang lain hanya dengan melihat wajahnya dalam beberapa detik saja. Mereka akan tahu bahwa orang tersebut sedang marah, sedih atau pura-pura tegar bahkan sedang berbohong. Dengan kemampuan ini mereka bisa menyesuaikan diri dan mengambil sikap yang tepat sehingga dengan mudah bisa membantu kesulitan orang lain.

Memahami Kelebihan dan Kekurangan

Banyak orang yang dengan cepat menjawab ketika ditanya apa kelebihan yang mereka miliki namun ketika ditanya tentang kekurangan mereka kesulitan untuk menjawabnya. Salah satu tanda orang ber EQ tinggi adalah sangat memahami apa kelebihan dan kekurangan mereka sendiri.

Sulit Menyinggung Perasaan Orang Lain

Banyak orang yang ketika bicara hanya mengutamakan isi pembicaraannya saja dan lupa bahwa perkataannya mungkin bisa menyinggung perasaan orang lain. Mereka yang ber EQ tinggi mampu menyampaikan isi pembicaraanya tanpa menyinggung siapapun.

Rendah Hati

Ketika gagal mereka tidak akan menyerah namun saat dia berhasil dia tidak sombong.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Ciri Atau Tanda Orang Yang Mempunyai EQ Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel