Sejarah World Wide Web



Istilah WWW (World Wide Web) sudah tidak asing lagi bagi kita, karena sekarang hampir semua menggunakan internet baik untuk mengakses informasi maupun untuk berkomunikasi. Seringkali kita melihat tulisan WWW di bagian URL browser kita saat kita mengakses suatu website.

Sebenarnya apa itu WWW dan bagaimana sejarahnya?


Sosok pencipta WWW adalah Tim Berners-Lee. Ide awal munculnya internet ini adalah untuk menyediakan kebutuhan komunikasi tambahan dalam menghadapi bencana besar seperti perang nuklir yang dapat menghancurkan beberapa komunikasi atau koneksi komputer. WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan meskipun WWW hanyalah bagian dari internet.
Pengaplikasian pertama kali dilakukan ARPANET, Badan Pertahanan Amerika pada tahun 1960-an hingga 1970-an. Saat itu bahasa yang digunakan adalah HTML agar mudah dibaca oleh manusia di layar komputer.

WWW dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN) di Jenewa, Swiss. Pada Tahun 1989 Berners-Lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hyperteks global, kemudian pada Oktober 1990 World Wide Web sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991 WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan internet.

Kini internet identik dengan Web, karena kepopuleran Web sebagai standar antarmuka pada layanan yang ada di internet, dari awalnya hanya sebagai penyedia informasi, kini digunakan juga untuk komunikasi dari e-mail sampai dengan chatting hingga untuk melakukan transaksi bisnis (e-commerce).

referensi:
id.wikipedia.org
sains.me

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Sejarah World Wide Web"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel