Mengenal The IBM Simon, Cikal Bakal Smartphone Saat Ini



Pengguna smartphone semakin meningkat seiring banyaknya perusahaan seperti Samsung, Apple, Sony bahkan yang baru dari China yakni Xiaomi dalam mengeluarkan produk-produk inovatifnya secara bersaing. Bahkan kini semakin banyak merk dan fitur-fitur inovatif yang sangat membantu kehidupan kita, harganya pun cukup variatif mulai dari 1 jutaan hingga belasan juta.

Sebelum smartphone secanggih saat ini terbentuk, kira-kira seperti apa generasi pertamanya?

The IBM Simon adalah ponsel pintar pertama yang lahir dari kolaborasi  perusahaan IBM dan BellSouth. IBM Simon lahir pada tahun 1993 dan cukup memberikan sensasi baru dalam teknologi saat itu. Fiturnya sudah cukup kompleks yakni berupa ponsel (voice dan data) sekaligus PDA, fax dan pager. Selain itu IBM Simon juga memberikan fitur game, e-mail, notepad, kalender, kalkulator, alarm bahkan teks prediktif. 

Waktu itu semua ini tidak disebut dengan aplikasi tapi biasa disebut dengan fitur. Uniknya, IBM simon dapat dihubungkan ke kabel telepon rumah jika pemiliknya ingin melakukan panggilan tertentu. Meskipun target utama ponsel ini adalah kalangan bisnis, dalam penjualannya mengalami kesulitan karena harga yang dibanderol cukup mahal sekitar 899 USD, IBM Simon menggunakan layar sentuh dengan stylus namun bisa juga dioperasikan dengan jari saja dan keyboardnya menggunakan QWERTY, memorinya juga bisa dipasang memori eksternal. 

Namun pada tahun 1995 IBM Simon berhenti di pasaran karena IBM tidak menjadikan ponsel ini sebagai orientasi bisnisnya lagi sedangkan perusahaan BellSouth ingin mengembangkan teknologi jaringan komunikasinya sendiri.

Meskipun istilah smartphone belum dikenal pada masa itu, karena fitur dan kemampuannya ponsel ini dianggap sebagai smartphone pertama.

Lalu apa ponsel generasi pertamamu?


jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Mengenal The IBM Simon, Cikal Bakal Smartphone Saat Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel