Mengenal RFID, Teknologi Pemindai di Masa Depan

source: www.rid-ls.eu
Bagi kalian yang suka melihat film science fiction seringkali kita menemukan adegan seseorang yang ditanami alat tertentu di dalam tubuhnya sehingga bisa dilacak keberadaannya oleh musuh maupun orang lain yang berkepentingan. Kebanyakan orang menganggap bahwa teknologi tersebut sangat canggih dan hanya ada di dalam film. Tapi bisa jadi dalam beberapa tahun kedepan, atau mungkin sekarang teknologi tersebut sudah ada di negara maju meski masih dalam tahap pengembangan.

RFID (Radio Frequency Identification), dari namanya bisa dilihat jika teknologi ini menggunakan gelombang radio untuk mengidentifikasi atau melacak sesuatu. Ya, teknologi ini untuk melakukan identifikasi sesuatu secara wireless atau contactless yakni tanpa melakukan kontak fisik.

Komponen utama dari RFID ini adalah tag, tag ini berisi informasi yang ditanamkan pada objek yang ingin diidentifikasi. Untuk konsepnya hampir sama dengan barcode atau QR Code yang telah kita kenal sebelumnya. Bedanya, tag ini merupakan komponen elektronik jadi infomasi yang disimpan juga dalam bentuk elektronik.

Nantinya informasi yang tersimpan di dalam tag akan dikirimkan melakukan gelombang radio yang dipancarkan oleh pembacanya, namun ada juga jenis tag yang dapat memancarkan gelombang radio sendiri. Kabarnya gelombang radio ini dapat mengirimkan data hingga sejauh kurang lebih 5 meter.

RFID ini sempat diperbincangkan di negara kita. Salah satunya untuk penggunaan BBM bersubsidi, jadi kendaraan yang dapat menggunakan BBM bersubsidi hanya kendaraan yang dipasang tag RFID ini. Untuk kedepannya RFID ini akan digunakan pada berbagai industri. Dan kabarnya teknologi RFID akan ditanamkan pada tubuh manusia, walaupun belum secanggih di film-film.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Mengenal RFID, Teknologi Pemindai di Masa Depan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel