Perbedaan Orang Cerdas dan Orang Bijak


 Langsung saja, berikut adalah beberapa perbedaan antara orang cerdas dan orang bijak dilihat dari beberapa sudut pandang versi penulis:

Pengetahuan

Orang cerdas cenderung cepat dalam menangkap pembelajaran dan juga cepat dalam penerapannya, sedangkan orang bijak cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna ilmu pengetahuan, bukan karena otak mereka lambat, tapi mereka merasa perlu melihat sesuatu dari segala sisi atau sudut pandang.

Informasi

Orang cerdas biasanya akan mengolah suatu informasi secara sistematis dan secara logis lalu memprosesnya dengan cara memetakannya, menghitung dan mengkonseptualkannya. Sedikit berbeda dengan orang bijak, orang bijak juga akan mengolah informasi secara logis namun dengan melibatkan emosionalnya, orang bijak juga menambahkan poin pengalamannya sendiri juga orang lain. Maka dalam menyampaikan informasi, orang bijak cenderung seperti bercerita atau mendongeng.


Rumit dan Sederhana

Karena terlalu banyak informasi dan pengetahuan yang orang cerdas miliki, kadang penjelasan mereka jauh dari kata sederhana alias rumit, hanya dengan sesama orang cerdaslah yang mampu memahaminya. Sedangkan orang bijak bisa menjelaskan sesuatu secara sederhana karena cara mereka menangkap informasi dan pengetahuan juga dilakukan secara sederhana.

Berbicara dan Mendengar

Karena orang cerdas menangkap informasi secara cepat dan sistematis biasanya mereka suka mengekspresikan ide dan opini mereka dengan cara berbicara. Untuk orang bijak karena membutuhkan waktu lebih lama dalam mencerna informasi, biasanya mereka lebih suka mendengarkan ide dan pemikiran orang lain kemudian mereka akan berkomentar sesekali saja.


Teori

Dalam berteori orang cerdas mampu menciptakan teori baru yang segar dari segala pembacaan pola dan ilmu yang mereka dapatkan. Namun karena terlalu rumit tak jarang ide mereka dianggap aneh dan gak masuk akal oleh kebanyakan orang, lagi-lagi hanya sesama orang cerdas yang mampu langsung memahaminya. Berbeda dengan orang bijak, mereka jarang mengeluarkan teori baru yang segar dan kritis, mereka lebih banyak mengeluarkan ungkapan ataupun nasihat yang cukup mengena bagi kehidupan sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak ada manusia yang memiliki semua ilmu pengetahuan. Karena mereka memiliki banyak ilmu pengetahuan biasanya orang cerdas sangat percaya diri ketika berbicara di hadapan orang lain bahkan terkesan sombong dan cenderung terlalu percaya diri. Sedangkan orang bijak selalu menyadari kelebihan dan kekurangan dirinya, mereka akan selalu rendah hati (bukan rendah diri lho ya) dan secara tenang akan berusaha memperbaiki kekurangan yang mereka miliki.

Isu dan Wacana

Di zaman sekarang yang serba  internet ini, penulis pernah mendapatkan nasehat "bijaklah dalam mengolah informasi". Nah, orang cerdas karena sifatnya yang komprehensif, mereka cenderung sensitif serta meresponnya dengan cara pandangnya sendiri. Sedangkan orang bijak lebih peka terhadap hal kecil dalam pengalaman hidupnya, responnya pun biasanya tentang keseharian dalam perjalanan hidup.

Pemecahan Masalah

Orang cerdas memecahkan masalah dengan mengandalkan ilmu pengetahuannya serta menggunakan pola pikir yang logis dan sistematis. Demikian pula dengan orang bijak, mereka juga menggunakan ilmu pengetahuannya, namun lagi-lagi mereka cenderung menggunakan pengalaman hidup serta intuisinya.

Pencapaian

Setiap orang pasti merasa puas ketika berhasil menuntaskan pencapaian mereka, hanya dasarnya saja yang berbeda. Orang cerdas akan merasa puas ketika berhasil menyelesaikan masalahnya secara efektif. Untuk orang bijak mereka akan puas ketika mampu menginspirasi orang lain, sedangkan hasil adalah nomor dua baginya.

Bersama Orang Lain

Orang cerdas belum tentu bijak, tapi orang bijak bukanlah orang yang bodoh. Orang cerdas biasanya cenderung memaksakan pemikirannya, ini karena mereka sadar akan kelebihan yang mereka miliki dan hampir lupa akan kemampuan orang lain. Berbanding terbalik dengan orang cerdas, orang bijak sangat sadar akan kemampuan dan kekurangannya baik dirinya maupun orang lain. Orang bijak akan meng-combine perbedaan tersebut menjadi kekuatan yang baru.

Penulis tidak bermaksud untuk menyudutkan orang cerdas maupun orang bijak karena setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung dalam situasi apa mereka berada.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Perbedaan Orang Cerdas dan Orang Bijak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel