Mengenal apa itu Drone dan apa saja jenis-jenisnya?

Zaman sekarang sudah tidak asing lagi kita mendengar istilah "Drone", memang ketika kita tanya orang pasti tau apa itu drone, namun kebanyakan dari mereka hanya sekedar tahu bahwa drone hanya untuk mengambil gambar tanpa tahu fungsi lain yang lebih penting. Oke langsung saja.
source: digitaltrends.com
Drone adalah pesawat tanpa awak biasa juga disebut UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang dikontrol dari jarak jauh. UAV biasanya digunakan oleh militer untuk memata-matai musuh di daerah konflik. Namun untuk zaman sekarang drone sudah banyak digunakan kalangan non militer dan menjadi sebuah hobi kalangan sipil. Penggunanya pun bervariasi ada yang dari kalangan anak-anak bahkan sampai para profesional.

Fungsi Drone

  • selain sebagai mata-mata di daerah konflik, drone zaman sekarang sudah berkembang penggunaannya, ada yang dikembangkan untuk misi penyelamatan maupun pencarian korban bencana alam untuk membantu tim SAR.
  • Drone juga berguna untuk kegiatan jurnalistik diantaranya untuk pemotretan, merekam video. Tentu hal ini sangat membantu para media untuk mengumpulkan data. Bahkan drone saat ini ada yang difungsikan untuk pengiriman barang.
  • Sebenarnya fungsi drone bisa dikembangkan lagi agar memiliki fungsi khusus yang lain. Dan kita tahu bahwa drone saat ini masih menggunakan cara manual yakni masih menggunakan remote kontrol. Namun untuk kedepannya drone bisa saja dioperasikan secara semi-otomatis dengan menggunakan fungsi algoritma yang terdapat pada unit kontrol pada drone itu sendiri.

Jenis-jenis Drone

  • Fixed Wing Drone atau drone tunggal, drone ini memiliki bentuk seperti pesawat komersial dan digunakan untuk proses yang cepat. Drone ini juga memiliki jangkauan yang cukup luas seperti melakukan pemetaan (Mapping) dengan konsep yang hampir sama dengan scanning dan energi yang digunakan pun lebih irit karena digunakan untuk menggerakkan satu baling-baling saja.
  • Multicpter Drone atau drone multi, drone ini dapat mengambil gambar maupun video dengan kualitas yang lebih bagus karena lebih stabil. Semakin banyak baling-balingnya semakin stabil. Karena baling-balingnya lebih banyak dari drone tunggal, tentu beban yang mampu dibawa drone ini juga lebih besar sehingga mampu membawa kamera yang lebih besar. Ada beberapa jenis berdasarkan jumlah baling-balingnya, yakni untuk 3 baling-baling (3Copter), 4 baling-baling (quadcopter), 6 baling-baling (hexacopter) dan 8 baling-baling (octacopter).
Itulah beberapa fungsi dan jenis drone yang  bisa penulis jelaskan, diharapkan kalian dapat memilih drone sesuai kebutuhan apakah itu drone tunggal maupun multi bahkan meskipun untuk sekedar hobi.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Mengenal apa itu Drone dan apa saja jenis-jenisnya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel