Apakah Rambut Kita Bisa Tumbuh Hingga Tak Terbatas?


Mungkin diantara kalian jarang yang mempunyai pertanyaan seperti di atas atau bahkan mungkin tidak ada yang pernah terpikirkan sebelumnya.

Tidak penting, oke langsung saja.

Jika kita tidak memotong rambut sepanjang tahun atau seumur hidup, apakah rambut kita akan tumbuh hingga bermeter-meter?
Sekedar info, laju pertumbuhan rambut manusia secara umum 1,25 cm setiap bulan atau kira-kira 15 cm dalam setahun.

Berdasarkan hitungan di atas, jika kita tidak memotong rambut selama 50 tahun apakah panjang rambut kita bisa mencapai 7,5 meter?

Tentu saja tidak, karena rambut kita tidak memiliki usia hingga setua itu. Setiap helai rambut kita memiliki usia antara 6 hingga 7 tahun, lebih dari itu akan rontok secara alami. Jika kita masih muda dan hormon kita masih berfungsi normal akan tumbuh rambut baru.

Perlu diulangi jika hitungan di atas merupakan pada kondisi manusia pada umumnya. Di beberapa kasus ada kondisi tak lazim, misalnya karena pengaruh gaya hidup serta kondisi hormon rambut justru rontok lebih cepat dan tak kunjung tumbuh sehingga terjadilah kebotakan.

Ada pula dalam kasus lain jumlah hormonnya terlalu tinggi, seperti yang kita lihat di televisi ada orang yang mempunyai rambut sangat banyak dan terlihat tak lazim, kondisi tersebut sangat jarang terjadi.

Apakah laju pertumbuhan rambut laki-laki dan perempuan sama?

Baik laki-laki maupun perempuan memiliki laju pertumbuhan rambut yang bisa dikatakan sama. Hanya saja kaum laki-laki biasanya lebih sering memotong rambutnya sehingga terlihat selalu pendek.

Namun bagi wanita hamil ada hormon-hormon tertentu yang mempengaruhi laju pertumbuhan rambut sehingga pada masa-masa itu rambut wanita lebih cepat tumbuh.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Apakah Rambut Kita Bisa Tumbuh Hingga Tak Terbatas?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel