Pengertian End-to-End Encryption


Untuk para pengguna WhatsApp pasti sudah sering melihat tulisan End-to-End Encryption terutama pada saat baru melakukan chatting.

Apa fungsi End-to-End Encryption?

Sudah tahu dengan istilah enkripsi? jika belum tahu bisa kalian baca di artikel sebelumnya yakni tentang pengertian enkripsi beserta cara kerjanya. Jadi End-to-End Encryption merupakan salah satu implementasi dari jenis enkripsi asimetris, yakni enkripsi yang menggunakan dua kunci yang berbeda. Sesuai dengan namanya (End-to-End), enkripsi ini akan melindungi data atau pesan kalian sehingga hanya bisa dibaca di 2 ujung saja, yakni pada sisi penerima dan sisi pengirim.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang menerapkan fitur ini sehingga melindungi penggunanya dari penyadapan dari orang-orang jahat. Sama dengan layanan perpesanan kebanyakan, pesan yang dikirim melalui WhatsApp juga akan transit terlebih dahulu di server provider, hanya saja bedanya pesan di WhatsApp akan dikodekan terlebih dahulu, bahkan kabarnya polisi atau pihak WhatsApp sendiri pun tidak bisa mengetahui isi pesan yang dikirimkan oleh penggunanya tersebut sehingga jika diperlukan pihak yang ingin mengetahui isi pesan harus meminta langsung pada pengguna WhatsApp itu sendiri.

Mengenai cara kerja end-to-end nya kalian bisa baca di white paper yang ada di situs resmi WhatsApp, atau kalian bisa langsung download langsung di sini.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Pengertian End-to-End Encryption"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel