Apa itu HP Docomo dan apa Kekurangannya di Indonesia?

source: FoneArena.com
Bagi para pemburu smartphone murah pasti sudah kenal dengan istilah HP Docomo. Banyak yang menyebutkan jika HP Docomo adalah smartphone Jepang yang sudah disesuaikan dengan standar di sana.

Dibalik harganya yang murah, HP Docomo memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui terutama bagi kalian yang akan membelinya.

Apa itu HP Docomo?

Docomo bukanlah merk smartphone melainkan nama operator seluler yang ada di Jepang, kalau di Indonesia sama seperti, Telkomsel, Indosat, XL dan sebagainya. Docomo sendiri merupakan singkatan dari do communication over the mobile network yang memberikan bundling dengan sejumlah smartphone dan dijual beserta dengan layanan internetnya.

Kalau di Indonesia merk smartphone bundling an Docomo ini yang banyak ditemui adalah Samsung dan Sony. Namun sebenarnya Docomo hampir mem bundling semua merk smartphone, lebih lengkapnya kalian bisa lihat di sini https//www.nttdocomo.co.jp/english/product/.

Bagaimana Docomo bisa sampai di Indonesia?

Sama seperti kebanyakan HP black market lainnya, Docomo menjual smartphonenya di Indonesia dengan kondisi sudah second / bekas atau telah selesai masa kontraknya. Karena tidak bisa dijual kembali di negaranya yakni Jepang, HP Docomo dijual bebas secara internasional termasuk Indonesia dengan harga yang relatif murah.

5 Kekurangan HP Docomo di Indonesia

Selain harganya yang murah, berikut adalah kekurangan HP Docomo di Indonesia.
  1. Desain yang berbeda dengan versi global
    Memang ada orang yang menyebutkan bahwa HP Docomo adalah HP palsu atau KW alias tiruan. Faktanya tidak begitu teman, memang smartphone Docomo bisa saja mengalami beberapa perubahan dibandingan dengan versi global, misalnya HP Samsung atau LG bundling an Docomo tidak akan memberikan label merknya.
    Tapi tenang saja untuk masalah mesin dan spesifikasinya masih sama dengan versi globalnya, jadi menurut penulis tidak terlalu masalah sih untuk yang satu ini.
  2. Custom ROM yang tidak bisa diupdate
    Karena bundling an Docomo dikhususkan untuk penggunaan di Jepang saja, maka ketika akan dijual di luar negeri harus menggunakan custom ROM agar bisa digunakan, misalnya untuk meng unlock SIM agar bisa terkoneksi jaringan 4G di Indonesia.
    Jadi ketika kalian membeli HP Docomo bersistem operasi Nougat maka selamanya akan 'mandek' di versi sistem operasi tersebut.
  3. Beberapa fitur essensial tidak berfungsi
    HP Docomo memang mempunyai banyak fitur misalnya fitur waterproof hingga wireless charging, namun ada beberapa fitur yang tak bisa digunakan jika sudah dijual di Indonesia misalnya NFC dan WiFi hotspot.
  4. Mode kamera yang tidak bisa disenyapkan
    Khusus beberapa pengguna model iPhone Docomo mempunyai satu masalah yang dikeluhkan saat menggunakan kameranya. Yakni HP Docomo tersebut tidak bisa mematikan suara shutter kamera. Ini dikarenakan Jepang memperhatikan etika rakyatnya salah satunya dengan mencegah pengambilan gambar yang tidak senonoh secara sembarangan.
  5. Klaim garansi yang meragukan
    Kalau ini sepertinya kalian sudah mengira ya, walaupun HP Docomo menawarkan garansi internasional tapi jangan berharap banyak, karena paling jauh kalian hanya mendapatkan garansi distributor yang kurang terjamin.
    Jadi jika HP Docomo kalian rusak sebaiknya jangan terlalu berharap untuk kembali seperti awal ya teman.
Mungkin itu saja yang bisa penulis jelaskan tentang apa itu HP Docomo beserta kekurangannya, semoga membantu bagi kalian yang ingin membelinya.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Apa itu HP Docomo dan apa Kekurangannya di Indonesia?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel