Pengertian Proxy Server, Jenis Proxy Server dan Manfaat Proxy Server

Belajar ngeBlog - Kini aktifitas surfing atau menjelahi internet merupakan kegiatan yang sering kita lakukan. Terlebih dengan banyaknya manfaat yang diberikan internet, dengan  internet kita dapatkan berbagai data dan informasi dari seluruh dunia dengan mudah dan cepat.

Namun adakalanya informasi yang ingin kita akses di sebuah situs tidak dapat diperoleh (biasanya laki-laki nih 😁) karena situs tersebut telah diblokir. Untuk mengatasi hal itu kalian bisa menggunakan layanan proxy server. Apa itu proxy server?

Ketika kalian terhubung ke suatu jaringan tertentu dan akan mengakses situs Youtube, Facebook, Instagram, Twitter atau yang lain namun kadang tidak bisa. Bisa saja di jaringan yang kalian pakai itu telah memblokir situs tersebut untuk sementara waktu. Hal itu dilakukan agar kalian lebih fokus untuk mengakses informasi yang penting saja dan tidak menghabiskan banyak bandwith. Dengan adanya proxy ini kalian tidak perlu khawatir identitas perangkat kalian (IP) diketahui jaringan tersebut. Sehingga lebih aman mengakses situs yang kalian cari.

 Tahukah kalian bagaimana proxy server bekerja dalam jaringan tersebut? bagi yang belum tahu dan ingin tahu, kali ini kami akan membahas mengenai pengertian proxy server, jenis beserta fungsinya dan juga cara kerja proxy server. Dengan begitu kalian bukan hanya mampu menggunakannya saja tetapi juga dapat memahami bagaimana proxy server bekerja untuk dapat memberikan kalian layanan itu.

Pengertian Proxy Server

(gambar: telehouse.com)
Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia jaringan komputer mungkin sudah tidak asing lagi dengan proxy server. Namun masih ada juga yang belum benar-benar memahami pengertian dari istilah tersebut. Proxy server merupakan suatu server atau program komputer yang menjadi penghubung antara komputer client dengan jaringan internte. Atau dapat dikatakan proxy server merupakan penghubung antara jaringan lokal dengan jaringan global (internet).

Proxy server bertindak sebagai gateway bagi setiap komputer client. Walaupun demikian, komputer client tidak dapat melihat secara langsung bahwa proxy server sedang melayani request dari pengguna. Sebab proxy server akan bekerja seolah-olah komputer client itu sendiri yang mengolah reuest dari penggunanya.

Jenis-jenis Proxy Server

Perlu diketahui bahwa dalam mengakses internet, maka alamat pengguna akan tersimpan di server. Proxy server dapat menyembunyikan identitas pengguna agar tidak diketahui oleh server dari situs tersebut.

Biasanya proxy server banyak digunakan oleh perusahaan yang bergeut dalam bidang tertentu, seperti perusahaan startup yang setiap saat membutuhkan akses internet yang lancar. Berdasarkan itulah terdapat beberapa jenis proxy server yang mempunyai fungsinya masing-masing. Berikut ini beberapa jenis proxy server yang perlu diketahui.

1. Proxy Transparan

Proxy Transparan merupakan proxy yang tidak menyembunyikan dirinya sendiri. Maksudnya proxy server ini mengidentifikasi dirinya sebagai proxy server, bukan sebagai pihak ketiga. Selain itu, proxy jenis ini tidak menyembunyikan identitas dari penggunanya, sehingga identitas pengguna (IP) terlihat dengan jelas oleh publik di server tersebut melalui HTTP header.

Proxy transparan ini tidak perlu digunakan, sebab penggunaan proxy ini dapat membuat alamat penggunanya diblokir (banned) sehingga penggunanya tidak dapat mengakses situs tertentu. Biasanya proxy ini digunakan oleh perusahaan yang memiliki data bersifat lokal dan privasi, seperti data diri pegawai yang hanya boleh diakses oleh pihak yang berwenang saja.

2. Proxy Anonim (Anonimous Proxy)

Proxy Anonim merupakan jenis proxy yang dapat menyembunyikan alamat penggunanya, namun proxy ini membuat alamat IP samaran yang tidak mencurigakan server tersebut. Dengan begitu proxy ini dipercaya dapat meningkatkan keamanan data pribadi penggunanya.

3. Proxy Anonimitas Tinggi (High Anonimity Proxy)

merupakan pengembangan dari proxy anonim, dimana proxy ini tidak mendefinisikan dirinya sebagai proxy server dan juga tidak menyediakan alamat IP. Selain itu IP pengguna juga tidak terdeteksi baik oleh situs atau jaringan tersebut, maka keamanannya lebih tinggi.

4. Proxy Distorsi (Distorting Proxy)

Ini mirip dengan proxy anonim, namun yang membedakannya adalah proxy distorsi ini tidak menyediakan alamat IP proxy melainkan merekayasa IP pengguna sedangkan alamat asli proxy tersedia di HTTP header.

5. Reverse Proxy

merupakan server yang menyediakan jalan dari berbagai request penggunanya melalui sebuah firewall yang terisolasi atau jaringan pribadi. Fungsi dari proxy adalah memberikan pengguna hak akses agar tetap termonitor dengan baik sehingga proxy ini membatasi pengguna untuk mengakses situs tertentu.

Fungsi Proxy Server

gambar: nesabamedia.com
Pada dasarnya fungsi proxy server adalah untuk mengamankan data pribadi penggunanya. Namun selain itu ada beberapa fungsi penting dari proxy server tersebut yaitu:

1. Connecting Sharing

Maksudnya adalah sebagai sebuah gateway yang menjembatani antara penggunaan jaringan lokal dengan jaringan global (internet). Dengan adanya fungsi ini maka sangat memungkinkan bagi komputer client untuk dapat terhubung dari jaringan lokal ke jaringan internet dengan menggunakan gateway tersebut.

2. Filtering

Pada dasarnya server proxy bekerja pada layer aplikasi. Dengan adanya fungsi filtering ini, jaringan lokal terlindungi dari gangguan atau serangan dari jaringan luar. Selain itu dengan menjadi firewall dapat dikonfigurasi untuk menolak situs-situs yang tidak diinginkan.

3. Caching

Caching merupakan proses menyimpan objek dan data yang pernah diakses sebelumnya oleh pengguna. Misal ketika membuka sebuah situs maka objek situs tersebut akan tersimpan dalam bentuk cache. Dengan begitu jika pengguna mengakses situs yang sama akan lebih cepat.

Cara Kerja Proxy Server


Pada dasarnya prinsip kerja proxy server sangat sederhana. Ketika pengguna menggunakan layanan proxy server, dimana pengguna meminta data atau file di jaringan global, maka proxy sever akan meneruskan permintaan tersebut ke internet seolah-olah proxy server yang memintanya. Setelah memintanya dari internet,proxy server akan memberikan respon terhadap permintaan pengguna seolah-olah server situs tersebut yang memberikannya secara langsung, sehingga alamat lokal pengguna tidak terekam di internet.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

referensi:
nesabamedia.com

0 Response to "Pengertian Proxy Server, Jenis Proxy Server dan Manfaat Proxy Server"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel