Pengertian Delay, Jitter, Throughput dan Paket Loss


Delay

Delay adalah waktu tunda yang disebabkan oleh proses transmisi dari satu titik ke titik lain yang menjadi tujuannya. Delay dalam TCP/IP golongkan menjadi beberapa berikut:

Packetization Delay
Delay yang disebabkan oleh waktu yang diperlukan untuk proses pembentukan paket IP dari informasi user. Delay ini hanya terjadi sekali yaitu di source informasi.

Queuing Delay
Delay ini disebabkan oleh proses yang diperlukan oleh router dalam menangani antrian transmisi paket di sepanjang jaringan. Umumnya delay ini sangat kecil kurang lebih 100 microsecond.

Delay Propagasi
Proses perjalanan informasi selama di dalam media transmisi misalnya SDH, coax atau tembaga menyebabkan delay yang disebut delay propagasi.

Transmission Delay
Transmission Delay adalah waktu yang diperlukan suatu data ketika melintasi suatu media. Transmission delay ditentukan oleh kecepatan media dan besar data.

Processing Delay
Processing delay adalah waktu suatu router untuk melihat rute, mengubah header dan tugas switching lainnya.

Jitter

Jitter adalah variasi dari waktu kedatangan paket data. Dalam komunikasi digital dimana data yang dikirim dalam bentuk paket-paket yang memungkinkan pengirimannya akan dilakukan secara bersamaan namun paket-paket tersebut belum tentu sampai secara bersamaan karena melalui jalur yang berbeda. Perbedaan waktu sampai inilah yang dinamakan Jitter.

Throughput

Throughput adalah kecepatan rata-rata data yang diterima oleh suatu node dalam selang waktu pengamatan tertentu. Throughput merupakan bandwidth aktual saat itu juga dimana kita sedang melakukan koneksi. Satuan yang dipakai adalah bps (bit persecond).

Paket Loss

Paket loss adalah paket yang hilang dalam jaringan, dalam komunikasi digital sebuah paket akan diset maksimum berapa jumlah hop yang bisa dilewati. Misal default maksimum dalam windows yakni 128 hop, ketika paket yang dikirimkan melewati lebih dari 128 hop maka paket tersebut tidak akan sampai pada alamat tujuan. Paket yang hilang itulah yang namanya paket loss.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

referensi:
panayleite.blogspot.coml

0 Response to "Pengertian Delay, Jitter, Throughput dan Paket Loss"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel