Kenapa Noda Kopi Selalu Menepi?

(gambar: kaskus.co.id)
Ketika kita menumpahkan air kopi pada meja dan jika kamu biarkan tumpahan tersebut beberapa waktu hingga mengering kamu akan melihat noda kopi tadi cenderung menepi sehingga akan membentuk seperti cincin padahal tumpahannya tidak memberntuk cincin.

Mengapa demikian?

Kita lihat dahulu bagaimana perilaku air ketika tumpah. Sebuah tumpahan air apapun itu pada permukaan datar yang rata akan cenderung menyebar ke segala arah. Penyebaran ini akan berhenti pada suatu batasan tertentu. Batasan ini tentu berbeda beda pada setiap permukaan. Perbedaan batasan ini akan membuat bentuk tumpahan air berbeda-beda. Namun semua tumpahan air tersebut memiliki kesamaan, yaitu lebih tipis pada bagian tepinya.

Ketika air mulai menguap, penguapan akan dimulai dari bagian yang paling tipis yakni pada bagian tepi dari tumpahan air tersebut. Kemudian bagian yang masih tebal yakni bagian tengah akan bergerak ke tepi untuk mengisi bagian yang menguap, saat itu juga noda kopi yang ada di bagian tengah tadi juga ikut bergerak ke tepi hingga akhirnya ketika seluruh airnya menguap hanya meninggalkan noda kopi tersebut sehingga membentuk cincin.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Kenapa Noda Kopi Selalu Menepi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel