Mengenal Jenis Sinyal Internet G, E, 3G, H dan 4G

source:www.awaaznation.com
Sering kita jumpai terutama pada sinyal bar di ponsel kita simbol G, E, 3G dan 4G disertai anak panah ke atas dan ke bawah. Sebenarnya apa maksud simbol tersebut dan mana yang paling bagus untuk digunakan?

Simbol G merupakan kode dari GPRS (General Packet Radio Service) diantara jenis teknologi sinyal seluler lain, GPRS merupakan yang paling lambat yakni hanya mempunyai kecepatan 60-80kbps (kilobit per second) saja. Di atas GPRS ada teknologi EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution). EDGE merupakan pengembangan dari GPRS dan mempunyai kecepatan 3 kali lipat dari GPRS.

Selanjutnya 3G maksudnya 3rd (thirdgeneration atau generasi ketiga. Dalam teknologi seluler GPRS dianggap 2G atau generasi kedua dan EDGE dianggap 2.5G. Tentu teknologi 3G ini kecepatannya jauh lebih cepat dibandingkan GPRS dan EDGE, yakni bisa mencapai 2Mbps (megabit per second).

Kemudian untuk simbol H melambangkan dari teknologi HSPA (High Speed Packet Acces), Teknologi HSPA ini mampu mentransmisikan data sebesar 14Mbps bahkan lebih. Pengembangan dari HSPA adalah HSPA+ (Pre 4G) dimana kalian bisa mengunduh dengan kecepatan ratusan Mbps tapi tentu saja tergantung operator yang digunakan.

Yang terakhir adalah 4G atau generasi keempat, jaringan 4G merupakan teknologi terbaru yang digunakan saat ini. Teknologi 4G mempunyai kecepatan rentang 100Mbps sampai 1Gbps sehingga aktifitas di internet seperti chating, streaming video, download maupun bermain game online lebih baik daripada teknologi sebelumnya. Secara nyata pengguna bisa menikmati keunggulan 4G selama berada di cakupan wilayah yang bagus.

Namun, saat ini ada teknologi lebih baru lagi yang masih dalam pengembangan yakni 5G, Teknologi ini digadang-gadang akan jauh lebih cepat dari 4G karena mempunyai kecepatan lebih dari 1Gbps sehingga secara teori file berukuran 1Gb seharusnya dapat selesai terunduh hanya dalam sekedipan mata. Uji coba 5G yang dilakukan oleh SK Telecom dan KOTSA di Korea Selatan misalnya, mereka mendapatkan waktu unduh file sebesar 1Gb hanya dalam 0,4 detik.

Sebenarnya untuk kecepatan 5G belum bisa dipastikan karena masih dalam pengembangan, namun para peneliti memprediksi bahwa kecepatan 5G memiliki kecepatan sekitar 70-80 Gbps.

Sebagian dari kalian mungkin ada yang bertanya-tanya, bahwa di atas disebutkan ada beberapa generasi yakni 2G, 3G, 4G dan 5G, Lalu 1G nya kemana?

Teknologi 1G ini sudah sangat ketinggalan jaman, diperkenalkan tahun 1970an. Jangan harap bisa berinternet dengan teknologi ini. Teknologi 1G bekerja dengan mentransmisikan sinyal analog, saat itu teknologi ini hanya dapat digunakan untuk panggilan telepon saja. Ukuran ponselnya pun cukup besar jika dibandingkan dengan ukuran ponsel saat ini contohnya ponsel Motorola DynaTAC yang cukup populer pada masa itu, ponsel produksi tahun 1984-1994 tersebut memiliki berat 794 gram atau hampir satu kilogram.

Walaupun begitu, teknologi 1G merupakan cikal bakal dari teknologi jaringan seluler saat ini.

Jadi jika disebutkan secara urut dari teknologi yang terlamban ke yang tercepat adalah 1G, GPRS, EDGE, HSPA, 4G dan 5G.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

referensi:
immersa-lab.com
sains.me
theconversation.com
tekno.kompas.com
haiwiki.info

0 Response to "Mengenal Jenis Sinyal Internet G, E, 3G, H dan 4G"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel