Kenapa Game Online Bisa Membuat Kecanduan?

source: pythian.com
Kalau dulu game online masih sangat jarang, berbeda dengan sekarang sudah sangat banyak game-game yang harus menggunakan koneksi internet untuk memainkannya. Ini membuat kita lebih asik untuk bermain game karena kita bisa bertemu dengan pemain-pemain asing dalam game tersebut dan setidaknya kita bisa bermain bareng teman-teman. Tak sedikit juga dari kita yang mulai kecanduan, bahkan ada yang bangun tidur langsung bermain.

Sebenarnya kenapa sih game online kok bisa membuat kita kecanduan?

Ada cukup banyak alasannya kenapa game online begitu menarik untuk dimainkan, berikut penulis sebutkan beberapa penyebabnya:

Ikatan Emosi
Kebanyakan game online sekarang membebaskan para pemainnya untuk membuat / mengatur tampilan karakternya sendiri, dengan begitu para pemain akan lebih bisa menyesuaikan karakter di dalam game sesuai dengan kepribadiannya masing-masing.

Tidak Ada Kata Tamat
Tidak seperti game offline yang bisa tamat jika kita berhasil menyelesaikan misi tertentu, pada game online permainan tidak akan berakhir kecuali kiamat.

Keinginan Mencapai Skor Tertinggi
Pada game online persaingannya sangat banyak sehingga membuat pemainnya merasa tertantang untuk menjadi yang terbaik diantara pemain lainnya.

Ingin Mendapatkan Pengakuan
Di kalangan para gamer online pasti ada gamer yang sangat pro bahkan saking pro nya popularitasnya menyaingi para artis, akun media sosialnya dibanjiri banyak pengikut, sehingga cara bermainnya menjadi acuan para gamer lainnya. Bahkan bisa bertemu dengan gamer pro tersebut merupakan kepuasan tersendiri. Ini lah yang membuat para gamer berlomba-lomba agar menjadi 'gamer pro' tersebut.

Terlepas dari masalah ketergantungan, penyebab utama rasa puas dan kecanduan game online disebabkan oleh hormon yang bernama dopamin, hormon ini yang mengontrol perasaan / mood seseorang. Bahkan menurut penelitian jumlah hormon ini akan meningkat berlipat-lipat ketika seseorang berhasil menyelesaikan tantangan seperti game online misalnya.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Kenapa Game Online Bisa Membuat Kecanduan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel