Fungsi dan Cara Kerja CAPTCHA

CAPTCHA (dari lifewire.com)
Belajar ngeBlog - Pernahkah saat kamu akan mengunduh lagu, membuat akun email, forum atau membuat akun media sosial tertentu, kamu akan ditampilkan susunan gambar-gambar tertentu dan disuruh untuk mengisi sesuatu sesuai apa yang ada di gambar tersebut?

sebenarnya untuk apasih susunan huruf-huruf atau gambar-gambar tersebut? mengapa banyak sekali kamu menemuinya di internet? apa kegunaanya?

Susunan-susunan tersebut itu disebut CAPTCHA yang merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Human Apart.

Intinya CAPTCHA merupakan suatu metode untuk mengetahui apkah isian formulir tersebut diisikan secara manual oleh manusia atau secara otomatis oleh sebuah program komputer yang biasa disebut bot.

Jenis CAPTCHA ini ada beberapa macam. Namun yang paling sering dijumpai adalah pembacaan huruf yang aneh dan rumit itu.

Susunan itu sengaja dibuat rumit dan aneh agar hanya bisa dibaca baik oleh manusia karena program komputer akan kesulitan untuk membaca susunan huruf tersebut.

Lalu bagaimana CAPTCHA bisa menjaga keamanan di dunia maya?

ternyata jika suatu formulir diisi otomatis oleh bot, kemungkinan besar isinya akan berbahaya atau akan mengganggu. Mulai dari pengiriman pesan-pesan yang mengganggu yang seing disebut spam sampai pengambilan informasi secara ilegal!.

Nah, karena CAPTCHA memiliki kemampuan untuk mencegah bot tersebut maka dengan CAPTCHA inilah pihak penyedia layanan daring dapat mengamankan website mereka dari serangan bot yang berbahaya.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

referensi:
sains.me

0 Response to "Fungsi dan Cara Kerja CAPTCHA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel