Berkenalan dengan USSD: Kode Bintang dan Pagar

source: globitel.com
Belajar ngeBlog - Bagaimana kamu mengecek sisa pulsamu? kamu akan mengetikkan kode unik di menu telepon disertai dengan simbol bintang (*) di awal dan pagar (#) di akhir kode tersebut misalkan *123#, *363# lalu kamu akan mendapatkan pesan singkat dari operator tersebut.

Kode tersebut akan memberikan balasan berupa pesan singkat seperti informasi sisa pulsa, sisa kuota maupun informasi tentang masa aktif kartu yang digunakan. Kamu juga bisa membalasnya dengan memasukkan angka tertentu untuk menuju menu selanjutnya.

Itulah yang disebut dengan USSD. Apa itu? USSD singkatan dari Unstructured Supplementary Service Data merupakan salah satu teknologi pesan singkat yang dimiliki jaringan GSM.

Umumnya USSD digunakan untuk pertukaran teks antara ponsel dengan aplikasi yang terdapat di jaringan milik operator. Jadi tidak heran jika info dan layanan yang dapar diakses menggunakan USSD merupakan info dan layanan dari operator kartu tersebut.

Seperti halnya SMS, USSD juga memiliki batas karakter dalam satu pesannya, yakni 182 karakter. Pesan yang dikirimkan USSD ini bersifat flash message.

Artinya pesan yang dikirim USSD hanya akan tersimpan dalam ponsel hanya untuk beberapa detik saja, kurang lebih 20 detik. Tidak seperti SMS yang pesannya akan tersimpan di dalam ponsel selama kita tidak menghapusnya.

Walaupun teknologi ini sudah cukup lama, namun USSD belum ditinggalkan itu karena USSD ini sangat interaktif dimana respon dari USSD hanya sekitar 4 detik saja. Bisa jadi layanan USSD ini akan lebih banyak digunakan dimasa mendatang.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

referensi:
sains.me

0 Response to "Berkenalan dengan USSD: Kode Bintang dan Pagar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel