Bagaimana Proses Terbentuknya Embun Pagi?

source:www.sooperboy.com
Belajar ngeBlog - Apabila kita keluar rumah di pagi hari sering kita temui adanya embun baik di daun, mobil maupun di tempat lain. Mungkin di antara kita ketika melihat embun akan membuat terasa lebih segar.

Embun merupakan titik-titik air yang berasal dari uap air yang jatuh dari udara. Kenapa ini terjadi di malam hari? sebenarnya tidak perlu menunggu malam hari untuk membentuk embun tersebut. Embun terbentuk akibat suhu yang dingin dan tenang, kebetulan di malam hari memiliki dua kondisi tersebut.

Bagaimana proses terbentuknya?

Udara memiliki titik jenuh dimana tidak mampu lagi untuk menampung uap-uap air sehingga sebagian uap air akan jatuh ke bawah. Suhu yang dingin pula dapat mengantarkan udara ke titik jenuh, jadi semakin dingin suhunya maka titik jenuh udara akan semakin besar.

Nah, saat di malam hari suhunya lebih dingin dari pada siang hari, dan juga anginnya relatif lebih kecil sehingga memudahkan uap-uap air tersebut jatuh dan menempel pada benda di sekitarnya. Benda-benda tersebut sebelumnya juga bersuhu dingin sehingga uap-uap air yang tertempel menjadi jenuh dan berubah menjadi titik air yang dinamakan embun.


jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

referensi:
sains.me

0 Response to "Bagaimana Proses Terbentuknya Embun Pagi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel