Apa itu Ransomware pada Komputer?

sourec:google image
Belajar ngeBlog - Sebenarnya kejadian tentang kasus ransomware udah agak lama, namun untuk yang belum mengerti bisa kita bahas di blog ini kembali.

Contoh Kronologi

Misal kalian bangun tidur lalu ingin membuka facebook namun bukan halaman facebook yang muncul melainkan sebuah peringatan besar yang meminta kalian membayar $500 dan jika kalian tidak segera membayar tebusan tersebut maka data di komputer kalian akan hilang selamanya.

Jadi apa itu Ransomware?

Ransomware adalah malware jahat yang akan mengunci komputer kalian dengan tujuan mengincar uang kalian.

Bagaimana Ia bisa masuk?

Ransomware bisa masuk melalui media fisik seperti flashdisk yang terjangkit ransomware maupun media non fisik seperti attachment pada e-mail, atau ketika kalian mengunduh sesuatu.

Bagaimana Ransomware bekerja?

Ketika malware ini masuk ke komputer kalian, malware ini akan mengunci hak akses ke file-file kalian. Namun ada juga yang mengunci hak akses seluruh fungsi dari komputer kalian sehingga benar-benar tidak bisa digunakan bahkan bisa-bisa file kalian dienkripsi sehingga kalian harus membayar tebusan agar komputer kalian dapat digunakan dan untuk mendapatkan password dari si pelaku.

Apa yang terjadi jika kita membayar mereka?

Mungkin kalian sangat membutuhkan data-data tersebut sehingga perlu untuk membayarnya, Namun apakah pasti akan berhasil? Sayangnya masih ada dua kemungkinan, yakni:

Yang pertama data kalian akan terselamatkan.
Yang kedua data kalian tetap akan hilang.

Bagaimana mengatasinya?

Jika kalian terkena ransomware yang tidak meng-enkripsi data, kalian dapat menghapusnya melalu dengan masuk pada safe mode pada windows lalu menjalankan anti-malware tool yang terupdate.
Jika itu gagal kalian dapat menggunakan removal tool untuk flashdisk dan menjalankannya.

Namun, jika kalian berhadapan dengan ransomware yang mengenkripsi data kalian, sayangnya tidak ada yang bisa kalian lakukan karena mereka menggunakan enkripsi yang sangat kuat. Jadi jika kalian tidak ingin membayar mereka, sebisa mungkin sering-seringlah back up data kalian dan disarankan offline.


jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

referensi:
getective.com

0 Response to "Apa itu Ransomware pada Komputer?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel