Pengertian Root Serta Kelebihan dan Kekurangannya di Sistem Operasi Android

Bagi para pengguna OS android mesti tau nih apa itu root. Jadi root dalam OS android baik itu smartphone maupun tablet adalah suatu bagian yang mempunyai kekuasaan tertinggi, misalnya jika HP agan sudah rooted maka kita bisa memodifikasi sistem android agan dengan sesuka hati baik itu menguninstal bloatware / aplikasi bawaan, memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal dan masih banyak lagi. Dengan adanya akses root tentu ada kelebihan dan kekurangannya buat gadget android kita, yakni;
logo root
Kelebihan:
Seperti yang sudah dikatakan tadi yakni kita bisa memodifikasi HP kita, misalkan jika memori internal yang penuh maka bloatware yang tidak digunakan bisa agan uninstal namun jika kita sayang dengan aplikasi tersebut bisa juga agan pindahkan ke memori eksternal. Kita juga bisa menjadikan memori eksternal sebagai SWAP memori untuk meringankan RAM kita, untuk caranya akan kita bahas di post selanjutnya. Dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.


Kekurangan:

Dimana ada kelebihan disitu ada kembalian eh, ada kekurangan maksudnya. Kekurangannya adalah garansi HP kita akan hilang karena para vendor tidak mau bertanggung jawab jika ada kerusakan pada HP yang sudah diroot. HP yang sudah diroot juga lebih rentan dimasuki oleh virus (tapi sangat jarang terjadi). Kita juga harus berani bertanggung jawab jika sewaktu-waktu sistem android kita tidak stabil maupun bootloop karena root tersebut.

Kalau saran saya sih, sebelum melakukan root sebaiknya agan harus tau resiko2 yang ada tersebut.


jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring"

0 Response to "Pengertian Root Serta Kelebihan dan Kekurangannya di Sistem Operasi Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel